Home » Otomotif » ZX-10R Beringas Setelah Mengadopsi Knalpot Akrapovic

ZX-10R Beringas Setelah Mengadopsi Knalpot Akrapovic



Jakarta – Keberadaan Ninja ZX-10 R masih dirasa kurang beringas oleh sebagian pengguna. Sehingga dalam menambah tenaga motor sport tersebut diperlukan sedikit ubahan, yaitu dengan mengganti saluran pembuangan yang asli dengan produk aftermarket.

ZX-10R Beringas Setelah Mengadopsi Knalpot Akrapovic

Salah satu pilihannya adalah produk dari Akrapovic knalpot aftermarket yang menyediakan knalpot dengan paket full system untuk Ninja ZX-10 R.

Seperti dilansir sisi dunia dari Autoevolution, Sabtu (23/4/2016), produk yang diberi nama Evolution Line Carbon tersebut diklaim bisa meningkatkan performa untuk tenaga dan torsinya. Saat menggunakan knalpot bawaan Ninja ZX-10R memiliki tenaga maksimum sebesar 185,2 Tk per 13.150 rpm.

Namun setelah produk Akrapovic menempel pada ZX-10R, tenaga yang dihasilkan meningkat menjadi 195 Tk pada putaran ke 13.200 rpm saat melaju dijalanan mulus. Ini artinya tenaga mengalami peningkatan hingga 16,5 Tk.

Selain itu juga torsinya ikut meningkat setelah mengandalkan sistem pembuangan ini. Awalnya, torsi maksimum dari Ninja ZX-10R hanya 108,8 Nm pada putaran 11.500 rpm. Setelah menggunakan Evolution Line Carbon, meningkat menjadi 113,4 Nm pada putaran 11.250 rpm.

Dijelaskan, untuk pemasangan knalpot Evolution Line Carbon membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit, sudah termasuk reflash ECU. Dengan mengadopsi pengaturan motor Tom Sykes dan Jonathan Rea pada ajang World Superbike, mapping ECU ini disiapkan secara khusus.

Tak hanya bisa menambah tenaga, knalpot Evolution Line Carbon ini juga mengurangi berat beban kendaraan. Bobot kering akan berkurang 5,4 kg, karena knalpot after market ini hanya mempunyai berat 3,9 kg.
(Freddy Julio – sisidunia.com)