Home » News » Yusril: Ahok Cara Berpikirnya Terbalik

Yusril: Ahok Cara Berpikirnya Terbalik



Jakarta – Salah satu bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Yusril Ihza Mahendra, yang kini menjadi Kuasa Hukum warga Luar Batang, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyerobot tanah warga Luar Batang.

Yusril ikut menanyakan kepada aparat yang berwenang mengapa hingga sekarang tidak ada yang mempermasalahkan mengenai penggusuran rumah warga Luar Batang pada beberap waktu lalu, padahal warga memegang bukti kepemilikan yang sah.

“Sampai saat ini tak jadi permasalahan hukum padahal warga punya hak bukti HGB, girik, jual beli sejak zaman Belanda. Kalau Pemda menyangkal, Pemda harus gugat rakyat. Orang yang menyangkal yang wajib membuktikan,” kata Yusril saat berada di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jumat (22/4/2016).

“Pak Ahok itu cara berpikirnya terbalik-balik, sampai saat ini menangani Luar Batang tak gentlemen, tak ada perintah pembongkaran dari Gubernur DKI tetapi perintah cuma dari Camat, Camat kan cuma aparat kecil aparat pelaksana tugas di lapangan. Pasti camat bilang saya kan disuruh wali kota, lalu gubernur yang menjadi policy maker, pembuat keputusan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Yusril juga menanyakan keikutsertaan aparat TNI dalam proses penggusuran rumah warga DKI Jakarta akhir-akhir ini yang menurutnya tidak pada tempatnya.

“Update terus berjalan, tentu ada langkah-langkah kita tempuh supaya tak dilibatkan TNI dalam penggusuran. UU TNI menyebut tugas pokok TNI jaga kedaulatan negara ancaman dari luar. Memang ada fungsi bantu Pemda tetapi jelas bantu Pemda sepanjang memerlukan peralatan oleh TNI seperti bencana alam, kerusuhan, bukan untuk penggusuran,” ungkapnya.
(Samsul Arifin)