sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Menkumham: Kalau Ada Petugas Yang Salah Harus Dihukum

Menkumham: Kalau Ada Petugas Yang Salah Harus Dihukum



Jakarta – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly saat berada di Lapas Banceuy meminta pihak kepolisian untuk mengusut secara tuntas penyebab kerusuhan yang mengakibatkan terbakarnya Lapas.

Menkumham: Kalau Ada Petugas Yang Salah Harus Dihukum

Menteri Yasonna meminta secara khusus agar polisi melakukan otopsi terhadap Undang Kosim, napi yang tewas bunuh diri, yang menyebabkan para napi tidak terima karena mereka meyakini bahwa Undang Kosim (54) tewas karena dibunuh.

Serahkan polisi, kalau ada penyiksaan petugas bertanggung jawab. Kita tidak melindungi karena itu berbahaya kalau kejadiannya seperti itu. Biar polisi bekerja,” kata Yasonna, saat berada di Lapas Banceuy, Bandung, Sabtu (23/4/2016).

“Kalau ada petugas kami yang salah melakukan penganiayaan, memang harus dituntut secara hukum,” tegas Yasonna.

Namun demikian, tidak adanya sarana pendukung seperti CCTV di Lapas Banceuy mungkin akan menyulitkan petugas kepolisian untuk mengungkapkan cerita sebenarnya dari kematian Undang Kosim.

Seperti diketahui, Lapas Banceuy yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, ini pada Sabtu (23/4/2016) pagi terbakar karena terjadi kerusuhan di napi dalamnya.

Awal kerusuhan karena adanya salah seorang napi yang kemudian diketahu bernama Undang Kosim, tewas dengan cara gantung diri dengan menggunakan tali di sel isolasi.

Namun, napi yang ada di Lapas Banceuy meyakini bahwa Undang Kosim tidak tewas bunuh diri namun karena disiksa. Soal cerita ini, Kalapas Banceuy membantahnya.
(Samsul Arifin)