sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Lima ABK Kapal Lolos Dari Sergapan Kelompok Sayyaf Langsung Tolak Ke Indonesia

Lima ABK Kapal Lolos Dari Sergapan Kelompok Sayyaf Langsung Tolak Ke Indonesia



Jakarta – Lima anak buah kapal yang lolos dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf di Filipina tiba dengan selamat di Tarakan, Kalimantan Utara, Sabtu, 23 April 2016.

Lima ABK Kapal Lolos Dari Sergapan Kelompok Sayyaf Langsung Tolak Ke Indonesia

Dalam aksi melarikan diri tersebut terdapat satu ABK yang terkena luka tembak dan sampai hari ini masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Tawau, Sabah, Malaysia.

Kelima ABK tersebut adalah, Yohanis Serang, Sembara Oktafian, Rohaidi, Royke Frans Montolalu, dan Rumawi. Sedangkan satu ABK lainnya yang terkena luka tembak dan masih dirawat di RS Tawau, Sabah, Malaysia, Sambas Simanungkalit.

Sebagaimana diketahui, kelima ABK ini sebelumnya menaiki Tugboat Henry dan membawa tongkang Christy, sempat dibajak dalam perjalanan dari Kota Cebu, Filipina, kembali ke Tarakan. Pembajakan terjadi tepatnya di titik koordinat 4*-31’26” N/ 119*-00”00″ E/ atau sekitar 15 mil dari Tawau, Malaysia.

Kelima ABK ini selamat dari penyanderaan Kelompok Abu Sayyaf di perairan perbatasan Filipina-Malaysia pada Selasa, 12 April 2016 lalu.

Kelima ABK Tugboat Henry ini tiba di Tarakan dengan pengawalan dua Kapal Perang RI (KRI) TNI Angkatan Laut, yakni KRI Ahmad Yani dan KRI Mandau. Dua KRI itu mengawal lima ABK dari perbatasan Indonesia-Malaysia menuju Dermaga Lantamal XIII Tarakan.

“Usai penjemputan, lima ABK selamat akan menjalani pemeriksaan di KRI Ajak. Setelah itu baru diserahkan ke pihak perusahaan dan keluarga korban,” kata Komandan Lantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama Wahyudi H Dwiyono.
(Freddy Julio – sisidunia.com)