Home » News » Kerusuhan di Lapas Banceuy Karena Isu Terbunuhnya Seorang Napi

Kerusuhan di Lapas Banceuy Karena Isu Terbunuhnya Seorang Napi



Bandung – Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Banceuy yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Jawa Barat, terbakar hebat pada pagi ini, Sabtu (23/4/2016).

Kerusuhan di Lapas Banceuy Karena Isu Terbunuhnya Seorang Napi

Lebih dari tiga buah mobil pemadam kebakaran langsung datang ke lokasi bersama sejumlah aparat kepolisian untuk menjaga kemungkinan adanya narapidana yang kabur dengan memanfaatkan situasi kebakaran.

Akibat kejadian ini, dua kendaraan roda empat dan dua kendaraan roda dua habis dilalap api.

Hingga kini penyebab pasti kebakaran belum dapat diketahui, namun sebelum munculnya kebakaran, terjadi kerusuhan dan pelemparan yang dilakukan para narapidana.

Menurut Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang segera pergi menuju ke lokasi mengatakan bahwa kerusuhan yang terjadi di Lapas Banceuy terjadi karena tersebarnya isu seorang napi terbunuh di sana.

Kejadian berawal pada Jumat (22/4/2016), saat para napi diberi kebebasan berada di luar sel, namun masih di dalam kompleks Lapas. Pada saat itu, petugas melihat seorang napi membawa bungkusan plastik warna hitam dan gerak-geriknya mencurigakan.

Saat dia pergi ke toilet, petugas lapas lantas memeriksa sel tahanannya. Tujuh napi yang berada di sel tersebut diperiksa urine, satu napi positif.

Kedua napi, yaitu yang membawa plastik hitam dan yang positif urine-nya mengandung narkoba kemudian diperiksa dan dibawa ke sel khusus untuk diisolasi.

Malam harinya, salah satu napi yang diisolasi, bunuh diri dengan cara gantung diri. Dan pada pagi tadi muncul isu bahwa napi yang tewas bunuh diri tersebut diisukan telah dibunuh sehingga menimbulkan kekacauan yang akhirnya berakhir dengan kerusuhan yang mengakibatkan kebakaran lapas.
(Samsul Arifin)