Home » News » Pemerintah Akan Segera Putuskan Terkait Reklamasi Teluk Jakarta

Pemerintah Akan Segera Putuskan Terkait Reklamasi Teluk Jakarta



Jakarta – Mengenai proyek reklamasi Teluk Jakarta yang kini mangkrak, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli menyatakan, sementara ini dihentikan dan akan diputuskan beberapa bulan lagi mengenai lanjut atau tidaknya.

Pemerintah Akan Segera Putuskan Terkait Reklamasi Teluk Jakarta

“Ini masih proses dalam beberapa bulan. Besok, tim antar departemen akan rapat untuk melakukan evaluasi. Dan dalam beberapa bulan ini kami akan keluarkan kejelasan yang mana diperkenakan, apakah harus distop,”katanya di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (21/4/2016).

Ia menjelaskan, reklamasi itu sebetulnya hal biasa di seluruh dunia, namun yang harus diperhatikan adalah risiko dan dampak negatifnya, misalnya banjir.

“Yang kami minta itu semua hentikan dulu sementara ini. Mari kita evaluasi mana peraturan yang saling tumpang tindih, Undang-Undang dan Perpres belum singkron. Kita selaraskan dulu, setelah itu kita audit terhadap proyek-proyek pulau reklamasi ini,” ujarnya.

Apabila reklamasi ini menyebabkan dampak negatif, atau pun melanggar aturan yang sudah ditetapkan, maka tentunya akan dihentikan.

“Dalam soal begini kita harus kombinasikan kepentingan negara, kedua kepentingan rakyat, tiga kepentingan bisnis atau swasta. Kalau hanya satu kepentingan saja tidak bagus,” ungkapnya.

Negara punya kepentingan misalnya di Teluk Jakarta agar banjir bisa dikurangi semaksimal mungkin. Kedua, memperhatikan efek lingkungan dari segi rakyat harus diakomodasi juga kepentingannya termasuk nelayan, dari segi bisnis tentu ada kepentingan komersial.

“Tiga-tiganya harus optimum dan sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan berlaku karena selama ini bayak main jalan tanpa izin. Tidak masuk rencana strategis atau zona lingkungan dan sebagainya,” pungkasnya.
(Freddy Julio – sisidunia.com)