sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Lukisan Monalisa Terinspirasi Kekasih Gay Leonardo da Vinci?

Lukisan Monalisa Terinspirasi Kekasih Gay Leonardo da Vinci?



Roma – Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci sudah sangat melegenda dan banyak pakar seni dari seluruh mencoba menerjemahkan bagaimana latar belakang lukisan tersebut pada saat dibuat dulu.

Lukisan Monalisa Terinspirasi Kekasih Gay Leonardo da Vinci?

Sivano Vincenti, salah satu peneliti karya seni Italia, mengatakan bahwa wajah Mona Lisa adalah gabungan dari wajah Lisa Gherardini, istri seorang pedagang asal Tuscany dan Gian Giacomo Caprotti, atau yang biasa dikenal sebagai Salai, murid laki-laki Leonardo da Vinci yang diduga juga merupakan kekasih sang maestro.

Sivano Vincenti yang juga menjabat sebagai ketua kelompok peneliti Komite Nasional Peninggalan Budaya, menjelaskan bahwa klaimnya tersebut didasarkan atas pemeriksaan infra merah terhadap lukisan Mona Lisa.

“Mona Lisa adalah sosok berkelamin ganda, separuh perempuan separuh laki-laki. Lukisan itu didasari pada dua orang model yaitu Lisa Gherardini dan Salai, murid Leonardo,” kata Vinceti.

Sivano Vincenti membeberkan bahwa hidung, dahi, apalagi senyuman Mona Lisa, sama persis dengan lukisan-lukisan lain Leonardo da Vinci yang menggunakan Salai sebegai model.

Lukisan Leonardo yang menggunakan Salai sebagai model, misalnya lukisan Santo Yohanes Pembabtis, Santa Anna, dan lukisan erotis Incarnate Angel.

Namun, kesimpulan yang diambil Vincenti itu dibantah oleh salah satu pakar tentang Leonardo, Martin Kemp.

“Ini adalah gabungan antara hal yang sudah banyak diketahui dan fantasi. Citra infra merah tak cukup untuk mendukung ide bahwa Mona Lisa adalah gabungan antara Lisa Gherardini dan Salai,” kata Martin Kemp, pakar sejarah seni di Trinity College, Oxford, Inggris.