Home » News » Kartini Indonesia Ini Harumkan Nama Bangsa Lewat Penelitian

Kartini Indonesia Ini Harumkan Nama Bangsa Lewat Penelitian



Jakarta – Nama Sastia Prama Putri Ph.D. mungkin tidak banyak yang mengenal. Namun, dosen yang juga ibu dari satu orang anak ini mempunyai segudang prestasi di bidang penelitian.

Kartini Indonesia Ini Harumkan Nama Bangsa Lewat Penelitian

Pada tahun 2015 lalu, asisten profesor di Osaka University dan profesor di Institut Teknologi Bandung ini, terpilih sebagai salah satu ilmuwan wanita yang menginspirasi, dan berhak menerima penghargaan L’Oreal-UNESCO For Women in Science.

Salah satu karya ilmiah dari Sastia yang banyak mendapatkan perhatian publik adalah riset kualitas dan standar Kopi Luwak dengan menggunakan teknologi metabolomik.

Ketertarikan Sastia terhadap dunia science memang sudah muncul sejak masih kecil. Sastia mengaku bahwa dirinya sering bertanya tentang fungsi tubuh dan hewan-hewan di alam, yang akhirnya membawa dia untuk mengambil studi Biologi di Intitut Teknologi Bandung (ITB).

“Belakangan saya pindah ke bidang engineering yang fokusnya memberikan solusi terhadap masalah yang kita temui sehari-hari dan juga erat kaitannya dengan industri,” ungkap Sastia.

Selain itu, Sastia juga sangat menikmati jika dirinya diminta untuk membagikan ilmunya kepada adik kelas dan para mahasiswa yang sedang melakukan riset. Karena bagi Sastia, membagikan ilmu dan membimbing generasi muda untuk menggali ilmu pengetahuan memberikan kepuasan batin tersendiri dirinya.

“Untuk saya, mengajarkan suatu ilmu adalah bagian dari pembelajaran untuk diri sendiri. Dengan mengajarkan ilmu ke orang lain, saya juga banyak mendapatkan pengetahuan baru dan bisa mengembangkan diri saya dalam hal leadership, melatih kesabaran dan mengenali karakter orang,” jelas Sastia.
(Samsul Arifin)