Home » Techno » Inilah Rahasia Ilmiah Suara Merdu Freddie Mercury

Inilah Rahasia Ilmiah Suara Merdu Freddie Mercury



Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan Freddie Mercury? Dia merupakan salah satu penyanyi yang menjadi legenda di abad ke-20 ini dengan gaya dan suara yang khas yang mungkin tidak ada yang menyamai hingga saat ini.

Inilah Rahasia Ilmiah Suara Merdu Freddie Mercury

Sejumlah peneliti dari Swedia, Austria, dan Republik Ceko baru-baru ini melakukan penelitian dan observasi terkait rahasia kemerduan suara Freddie Mercury.

Hasil penelitian mereka lantas diterbitkan dalam sebuah jurnal berjudul “Freddie Mercury – acoustic analysis of speaking fundamental frequency, vibrato, and subharmonics.”

“Studi ini menyajikan analisa akustikal dari produksi suaranya dan cara dia menyanyi, berdasarkan persepsi dan analisa kuantitatif dari rekaman-rekaman suara (dia) yang ada,” demikian yang tertulis di dalam jurnal tersebut.

Lebih jauh penelitian ini menjelaskan bagaimana suara Freddie dihasilkan, secara ilmiah. Disana disebutkan bahwa Freddie menggunakan teknik menyanyi yang memadukan ventricular folds sebagai subharmoni.

“Kebanyakan manusia tidak pernah berbicara atau menyanyi dengan menggunakan ventricular folds, kecuali mereka seorang penyanyi Tuvan (para penyanyi di Mongolia yang memiliki cara bernyanyi unik), faktanya vokalis rock ini (Freddie) menyanyi dengan subharmoni yang sangat luar biasa.”

Freddie Mercury lahir di Stone Town, Tanzania, Afrika Timur, pada 1946 dan meninggal di London, Inggris, pada 24 November 1991 di umurnya yang masih tergolong muda, 45 tahun.
(Samsul Arifin)