Home » News » Wapres: BPK Pertanggungjawabkan Hasil Auditnya

Wapres: BPK Pertanggungjawabkan Hasil Auditnya



Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla pada hari ini, Rabu (20/4/2016), mengadakan pertemuan dengan Kepala Badan Pengawas Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis di Kantor Wapres, di Jakarta untuk membicarakan beberapa hal.

Wapres: BPK Pertanggungjawabkan Hasil Auditnya

Seusai pertemuan, Wapres Jusuf Kalla mengatakan bahwa salah satu yang dibahas dalam pertemuan tadi adalah soal pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.

Wapres menjelaskan bahwa BPK tetap berpegang pada hasil auditnya semula dan akan mempertanggungjawabkan laporannya.

Ya (BPK) tetap pada pendirian sesuai dengan hasil audit. Dan dia pertanggungjawabkan hasil auditnya,” ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden.

Seperti diketahui, dalam laporan BPK disebutkan bahwa ada selisih pembelian sebesar Rp 191 Miliar yang terindikasi dapat menimbulka kerugian negara.

Namun, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menilai ada perbedaan peraturan yang dipakai antara dirinya dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam kasus pembelian lahan Rumah Sakit (RS) Sumber Waras.

Ahok mengungkapkan, dirinya memakai aturan Peraturan Presiden Nomor 40 tahun 2014 tentang Perubahan atas Aturan Peraturan Presiden Nomor 71 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.

Sedangkan BPK memakai Undang-Undang Nomor 2 tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.

Perbedaan peraturan inilah yang menyebabkan terjadinya selisih dalam pembelian lahan Rumah sakit Sumber Waras.
(Samsul Arifin)