Home » News » Ratusan Buruh Demo Tolak Reklamasi

Ratusan Buruh Demo Tolak Reklamasi



Jakarta – Sekitar 500 orang buruh yang tergabung dalam Komite Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) pada hari ini, Rabu (20/4/2016), melakukan unjuk rasa di depan Kantor Balai Kota Jakarta untuk menuntut dihentikannya proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Ratusan Buruh Demo Tolak Reklamasi

“Kami tolak reklamasi Teluk Jakarta karena itu merugikan nelayan dan buruh-buruh pelabuhan,” kata Ketua KSPI, Said Iqbal, di depan Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (20/4/2016).

Pada pendemo menuntut Ahok agar tidak pilih kasih dalam melakukan penertiban. Bila Ahok tega menggusur pemukiman masyarakat kecil, mereka mendesak Ahok juga tegas terhadap para pengembang yang telah menyalahi aturan.

“Giliran Kampung Pulo, Kalijodo, dan Pasar Ikan masyarakat digusur. Tapi proyek reklamasi yang enggak ada amdalnya (analisis mengenai dampak lingkungan) itu malah enggak digusur. Ahok ini menekan orang kecil dan melindungi pengembang besar,” ungkap Said.

Selain itu, para perwakilan buruh yang demo juga meminta dua permintaan lainnya, yaitu pertama, mereka tidak ingin ada penggusuran lagi yang mereka anggap hanyalah untuk melindungi dan menguntungkan pengembang.

Kedua, mereka menuntut pencabutan PP no 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Mereka meminta agar gaji buruh naik sebesar Rp 650 ribu pada 2017 dan menuntut Ahok merealisasikan janjinya untuk meningkatkan gaji buruh hingga Rp 6 juta.
(Samsul Arifin)