Home » News » KPK Turut Memeriahkan Peringatan Hari Kartini

KPK Turut Memeriahkan Peringatan Hari Kartini



Jakarta – Dalam memperingati Hari Kartini, sempat digelar sebuah acara yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kegiatan tersebut bertajuk Gerakan Nasional Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) kedua, pada 20 kota di Indonesia secara serentak.

KPK Turut Memeriahkan Peringatan Hari Kartini

Wakil Ketua KPK, Laode Syarif menjelaskan, dalam perayaan ini, KPK ingin membuat sesuatu yang berhubungan dengan penerapan nilai-nilai membangun integritas. Peringatan Hari Kartini yang dilakukan KPK ini berbeda dengan biasanya, yang lebih menonjolkan emansipasi antara laki-laki dengan perempuan.

“Integritas yang anti korupsi, integritas tentang kejujuran, integritas kebaikan dan kami ingin mengambil momentum Hari Kartini itu sebagai wadah untuk menyebarkan kebaikan tersebut,” kata Laode dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 20 April 2016.

Laode menambahkan, pelaksanaan SPAK ini dimotori kaum hawa dan berbagai organisasi perempuan. Selain itu, juga melibatkan mahasiswa dan masyarakat dari semua kalangan.

“Apa yang mereka lakukan semua untuk perempuan. Saya kira Ibu Kartini akan senang dengan kenyataan seperti ini, karena perempuan yang menjadi motor,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, akan hadir Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan Deputi VI Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Duta Besar Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sujatmiko.

Kegiatan ini juga akan dihadiri komunitas antikorupsi, antara lain Transparency International (TI) Indonesia, Indonesia Corruption Watch (ICW), Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI), serta Perempuan Indonesia Antikorupsi (PIA).
(Freddy Julio – sisidunia.com)