sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Diabetes : Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Diabetes : Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati



Jakarta – Berdasarkan Surveilans Penyebab Kematian Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, diabetes termasuk dalam tiga penyakit utama kematian selain hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Diabetes : Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Indonesia menempati peringkat ke-7 sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia berdasarkan International Diabetes World Atlas 2015.

Direktur Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI, dr. Lily Sulistyowati, MM menekankan pentingnya deteksi dini diabetes bagi setiap orang.

“Diabetes termasuk penyakit silent killer, tidak bisa dirasakan. Jika diketahui sejak dini, maka dengan satu obat saja sudah bisa menjalani hidup normal seperti orang lain,” kata Lily ketika ditemui sisi dunia di acara pembukaan program Deteksi Dini Diabetes di Pasar Mayestik, Rabu, 20 April 2016.

Dalam memfasilitasi masyarakat untuk melakukan deteksi dini tersebut, Kementerian Kesehatan RI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Nutrifood Indonesia mengadakan program Jakarta Lawan Diabetes dengan tema Cegah, Obati, Lawan Diabetes.

Deteksi dini diabetes dapat dilakukan secara gratis di 25 pasar tradisional binaan PD Pasar Jaya di 5 wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini akan berlangsung mulai 25 April hingga 30 Mei 2016 dari pukul 07.00 WIB hingga selesai.

“Dengan adanya pemeriksaan dini ini diharapkan masyarakat mau secara sadar memeriksakan kesehatannya,” ujar Lily.

Lily berharap dengan adanya program ini, masyarakat mau memeriksakan kesehatannya dan diabetes dapat diatasi lebih cepat.
(Freddy Julio – sisidunia.com)