Home » News » Amerika Serikat Tambah Helikopter Apache Untuk Lawan ISIS

Amerika Serikat Tambah Helikopter Apache Untuk Lawan ISIS



Baghdad – Pemerintah Amerika Serikat kembali menunjukkan keseriusannya dalam memerangi kelompok bersenjata ISIS yang ada di Irak dan Suriah. Hal ini dibuktikan dengan ditambahnya armada helikopter tempur Apache untuk membantu pengamanan dan serangan terhadap ISIS.

Amerika Serikat Tambah Helikopter Apache Untuk Lawan ISIS

Selain menambah delapan armada heli Apache, Amerika Serikat juga diketahui mendatangkan 200 prajurit tambahan lagi ke Irak guna mendukung perang merebut kembali Kota Mosul dari ISIS.

“Kami akan menempatkan penasihat tambahan untuk pasukan keamanan Irak, dan sekarang sampai ke brigade dan markas batalion,” kata Menteri Pertahanan AS Ash Carter, Rabu (20/4/2016).

Hingga kini jumlah tentara Amerka Serikat yang dilibatkan untuk memerangi ISIS telah berjumlah 4000 tentara lebih.

Sebelum mengirimkan bantuan, Ash Carter terlebih dahulu berbicara dengan Perdana Menteri Haider al-Abadi dan Menteri Pertahanan Khaled al-Obaidi sebelum menelpon Presiden Kurdi Masoud Barzani.

“Kita ingin lebih banyak tindakan oleh pasukan Irak menuju kemenangan di sini, dan lebih banyak tindakan akan memerlukan lebih banyak logistik. Jadi itu akan menjadi bagian penting dalam menggalang momentum,” jelas Carter.

Tidak hanya memberikan bantuan dalam hal pasukan dan peralatan tempur, Amerika Serikat juga memberikan bantuan dana sebesar USD 415 juta untuk pasukan Peshmerga Kurdi, yang saat ini sedang krisis akibatnya anjloknya harga minyak dunia.
(Samsul Arifin)