Home » News » Ahok Beberkan Fakta Ancol Hingga Pluit Adalah Hasil Reklamasi

Ahok Beberkan Fakta Ancol Hingga Pluit Adalah Hasil Reklamasi



Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membeberkan fakta bahwa beberapa wilayah di Jakarta sekarang adalah hasil dari perluasan wilayah dengan cara reklamasi.

Ahok Beberkan Fakta Ancol Hingga Pluit Adalah Hasil Reklamasi

Daerah seperti Cilincing, Cakung, Ancol, hingga Pluit adalah hasil dari reklamasi di saat pemerintahan dipegang oleh Gubernur Ali Sadikin pada waktu itu.

“Mereka (penolak reklamasi) sadar enggak, Cakung sampai Cilincing, Pluit reklamasi. Dulu laut itu mentok sampai di Sunda Kelapa. Pelabuhan ikan Nizam Zhaman dan Muara Angke itu (hasil) reklamasi,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (20/4/2016).

Ahok juga menyebutkan bahwa reklamasi pernah dilakukan perusahaan plat merah, yaitu anak perusahaan PT Kawasan Berikat Nasional (KBN), PT Karya Citra Nusantara.

“Total reklamasi sekarang dia nambah 12 hektare. Reklamasi itu harus berjarak 300 meter dari tepi pantai. Pernah enggak Walhi persoalkan reklamasi yang dilakukan KBN dan KCN? Enggak ada!” tegas Ahok.

Lebih jauh Ahok mengungkapkan bahwa reklamasi bukan hanya dilakukan oleh Jakarta, Bekasi hingga Tangerang juga melakukan reklamasi. Bahkan Ancol juga adalah hasil reklamasi, namun tidak ada yang mempermasalahkan.
(Samsul Arifin)