Home » News » Korban Tewas Gempa Ekuador Sudah Mencapai 400 Orang

Korban Tewas Gempa Ekuador Sudah Mencapai 400 Orang



Quito – Gempa berkekuatan 7.8 SR yang mengguncang Ekuador pada Sabtu (16/4/2016) lalu setidaknya, menurut laporan terakhir, telah menelan korban jiwa 413 orang dan 2500 orang lainnya luka-luka.

Korban Tewas Gempa Ekuador Sudah Mencapai 400 Orang

Presiden Ekuador Rafael Correa mengatakan bahwa gempa kemaren telah meluluhlantakkan banyak bangunan dan jembatan di Ekuador sehingga membutuhkan miliaran dollar untuk membangunnya kembali.

Rafael Correa juga menyebutkan bahwa gempa ini juga merupakan tragedi nasional terburuk dalam tujuh dekade terakhir. Sebelumnya, Ekuador juga pernah dilanda gempa pada tahun 1979, yang menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menelan korban 600 orang tewas dan 20.000 luka-luka.

“Saya takut bahwa angka korban akan terus meningkat,” kata Preasiden Correa dalam pidatonya di televisi dengan keadaan yang nampak terguncang.

Pemerintah Ekuador sendiri segera menerjunkan tenaga militer dan polisi untuk menemukan korban dan segera memberikan bantuan terhadap korban-korban yang selamat. Tercatat 10.000 orang tentara dan 3.500 polisi dikerahkan ke kawasan-kawasan yang diterjang gempa untuk membantu operasi penyelamatan.

Gempa ini sekaligus sebagai pukulan hebat bagi Ekuador di tengah kesulitan ekonomi yang melanda negerinya menyusul harga minyak dunia yang mengalami terjun bebas
(Samsul Arifin)