Home » News » ISIS Diduga Bekerja Sama Dengan Mafia Selundupkan Ganja ke Eropa

ISIS Diduga Bekerja Sama Dengan Mafia Selundupkan Ganja ke Eropa



Roma – ISIS yang selama ini tegas dan keras terhadap anggotanya yang mengkonsumsi rokok dan narkoba di wilayahnya ternyata mendapat banyak uang pemasukan dari bekerja sama dengan mafia Italia untuk menyelundupkan ganja ke Eropa.

ISIS Diduga Bekerja Sama Dengan Mafia Selundupkan Ganja ke Eropa

Hal ini terungkap setelah kepolisian Italia dari Badan Anti-Teror dan Anti-Mafia Italia melakukan penyelidikan terhadap jalur pasokan ganja dari Libya dan Afrika Utara.

Menurut Kepala Badan Anti-Teror dan Anti-Mafia Italia, Franco Roberti, rute penyelundupan hasis Afrika, substansi turunan dari ganja, diketahui melalui Kasablanka di Maroko lalu masuk ke Aljazair, Tunisia hingga ke Tobruk, wilayah timur Libya.

Mafia Italia lantas melakukan kesepakatan dengan ISIS agar barang haram tersebut dapat melewati kota pesisir Sirte yang pelabuhannya dikuasai ISIS. Dalam kesepakatan tersebut. ISIS memperoleh bagian Rp 3,3 Triliun per tahun.

Menurut catatan, pendapatan mafia dari penjualan narkoba di daerah tersebut bisa mencapai USD 36 Miliar atau sekitar Rp 473 Triliun setahun. ISIS memperoleh bagian tujuh persennya.

Penyelidikan yang dilakukan Franco Roberti ini baru dalam tahap awal karena badan yang dipimpinnya baru memulai investigasi pada Februari 2015.
(Samsul Arifin)