Home » News » SBY Tidak Sebanding Dengan Jokowi

SBY Tidak Sebanding Dengan Jokowi



Jakarta – Banyak masyarakat Indonesia yang mulai membandingkan hasil kerja Presiden Jokowi dalam 2 tahun ini dengan Presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang telah memerintah Indonesia selama 10 tahun.

SBY Tidak Sebanding Dengan Jokowi

Jokowi dengan Kabinet Kerja-nya dianggap lebih berhasil dengan berbagai pembangunan yang sudah selesai ia kerjakan, meskipun dalam pemilihan menterinya, Jokowi masih harus teruji.

Hal ini juga dikatakan oleh pengamat politik dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) J. Kristiadi yang mengatakan bahwa pemerintahan Jokowi masih lebih baik dibandingkan SBY.

“Jangan sebut-sebut dia. Dia enggak sebanding dengan Jokowi. Itu menurut saya,” ujar dia di Kantor Saiful Mujani Research and Consulting, Menteng, Jakarta, Minggu (17/4/2016).

Menurut J. Kristiadi, dalam dua tahun Presiden Jokowi sudah berhasil membangun banyak infrastruktur di seluruh pelosok Indonesia, khususnya Indonesia Timur.

“Sepuluh tahun, dia (SBY) enggak ngapa-ngapain. Ya coba, berapa jalan tol yang dia bangun? Ya dia memang hebat, gagah, santun. Tapi enggaklah ya,” ujar Kristiadi.

SBY juga dinilai belum berhasil mengontrol kinerja lembaga legislatif meskipun pemerintahannya didukung oleh mayoritas partai yang ada di parlemen.

“Politik apa? 75 persen DPR juga enggak bisa ngapa-ngapain,” lanjut dia.

Hasil ini terungkap berdasarkan survey yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting yang mengungkapkan bahwa masyarakat memberikan penilaian positif terhadap kinerja Presiden Jokowi di bidang ekonomi.

Hasil survey menyebutkan, 39 responden mengatakan bahwa keadaan perekonomian keluarganya menjadi lebih baik bila dibandingkan dengan dua tahun yang lalu.

Survey ini melibatkan 1.220 responden berusia 17 ke atas di 34 provinsi yang dilakukan pada 22-30 Maret 2016.
U
(Samsul Arifin)