Home » News » Pesawat British Airways Ditabrak Drone

Pesawat British Airways Ditabrak Drone



London – Sebuah insiden penerbangan sipil kembali terjadi. Kali ini menimpa sebuah pesawat jet komersial, British Airways, yang diberitakan telah ditabrak oleh sebuah pesawat tanpa awak atau drone.

Pesawat British Airways Ditabrak Drone

Insiden terjadi beberapa menit saat pesawat British Airways hendak mendarat di Bandara Heathrow. Daily Mail, Minggu (17/4/2016), menyebutkan bahwa pesawat dengan jenis Airbus A320 milik British Airways itu mengangkut 132 penumpang dengan lima awak dari Geneva, Swiss.

Dilaporkan, pesawat tersebut dapat mendarat dengan baik dan tidak ada kerusakan yang berarti sehingga pesawat dapat kembali beroperasi.

Seorang juru bicara British Airways mengatakan, “Pesawat kami mendarat dengan selamat, sudah diperiksa sepenuhnya oleh teknisi kami, dan dinyatakan layak dioperasikan lagi untuk penerbangan berikutnya.”

Pihak kepolisian Inggris saat ini sedang melakukan penyelidikan terkait insiden ini dan menyebutkan bahwa kejadian ini merupakan yang pertama terjadi di Inggris. Hingga kini belum ada pihak yang dinyatakan bersalah atas peristiwa ini.

Seorang juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) Inggris mengatakan, tindakan menerbangkan drone di dekat bandara, benar-benar adalah sebuah tindakan yang melanggar hukum dan berbahaya, sehingga harus dihukum berat.

Di Inggris sendiri puluhan ribu drone telah dijual di pasar tanpa ijin dan persetujuan CAA karena memang tidak untuk keperluan komersial.
(Samsul Arifin)