Home » News » Pemulangan Samadikun Hartono Akan Ikuti Hukum China

Pemulangan Samadikun Hartono Akan Ikuti Hukum China



Berlin – Buronan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono bakal dipulangkan dengan mengikuti mekanisme internasionl dan hukum yang berlaku di China.

Pemulangan Samadikun Hartono Akan Ikuti Hukum China

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso saat berada di Berlin.

“Nanti pemulangannya berdasar mekanimse internasional dan hukum China,” kata Sutiyoso kepada wartawan di Berlin, Minggu (17/4/2016) malam waktu Jerman atau Senin (18/4/2016) pagi WIB.

Namun demikian, Kementerian Luar Negeri masih harus berkoordinasi untuk dengan Pemerintah China untuk pemulangan buronan yang lari dari Indonesia sejak 2003 ini.

“Ini perlu waktu tapi sudah under control,” ujar dia menanggapi pertanyaan kapan Samadikun akan dipulangkan ke Indonesia.

Menurut Sutiyoso, keberhasilan operasi penangkapan buronan BLBI ini tidak hanya melibatkan pemerintah China saja namun juga berkat kerjasama antara kepolisan dan kejaksaan yang memberi data yang cukup sehingga bisa dilacak, juga Kemenlu yang memfasilitasi selama operasi di China

Seperti diketahui, Samadikun Hartono adalah mantan komisaris utama Bank Modern yang divonis empat tahun penjara karena menyalahgunakan bantuan dana BLBI. Pada waktu itu pemerintah Indonesia mengucurkan dana Rp 1,97 Triliun untuk menyelamatkan Bank Modern saat krisis di tahun 1997.

Namun oleh Samadikun sebagian dana tersebut justru digunakan untuk investasi dan membiayai perusahaan dalam kelompok usahanya.

Di kesempatan tersebut, Sutiyoso juga mengatakan bahwa selain mengejar Samadikun, pemerintah Indonesia saat ini juga sedang mengejar buronan lain yang jumlahnya mencapai 33 orang.

“Saya akan buka kalau sudah ketemu dan lapor Presiden, tadi saya sudah lapor, perburuan para buron sudah jadi kebijakan Jokowi-JK, sebagai pembantu saya merespon kebijakan ini,” katanya.
(Samsul Arifin)