Home » News » Pesawat Tempur Rusia Cegat Pesawat AS di Kawasan Baltik

Pesawat Tempur Rusia Cegat Pesawat AS di Kawasan Baltik



Washington – Rusia sepertinya senang membuat Amerika Serikat kesal. Setelah peristiwa manuver pesawat jet tempur Rusia SU-27 di atas kapal perang Amerika Serikat USS Donald Cook di perairan internasional Laut Baltik, kini pesawat jet tempur Rusia dengan jenis yang sama mencegat pesawat intai AS di wilayah Balitik.

Pesawat Tempur Rusia Cegat Pesawat AS di Kawasan Baltik

“Sebuah pesawat pengintai Angkatan Udara AS dicegat oleh SU-27 Rusia dengan cara yang tidak aman dan tidak profesional di wilayah udara internasional di Laut Baltik,” kata Pentagon dalam sebuah pernyataan, Minggu (17/4/2016).

Juru bicara Pentagon Laura Seal menyatakan bahwa hingga kini belum diketahui alasan pesawat jet tempur Rusia melakukan aksi tersebut karena pesawat AS tidak mendekati wilayah perbatasan Rusia.

“Mencegat pesawat benar-benar tidak aman dan tidak profesional, dan ini memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan serius dan cedera semua awak pesawat yang terlibat. Lebih penting lagi, tindakan tidak aman dan tidak profesional dari seorang pilot memiliki potensi untuk meningkatkan ketegangan antar kedua negara,” sambung Laura.

Sebelumnya, manuver pesawat Rusia di atas kapal USS Donald Cook di Laut Baltik membuat Menteri Luar Negeri AS John Kerry berang.

”Kami mengutuk perilaku semacam ini. Ini sembrono. Ini provokatif. Ini berbahaya. Dan di bawah aturan, bisa saja ditembak jatuh!” tegas John Kerry.
(Samsul Arifin)