Home » News » Imam Masjid Nabawi Tutup Usia

Imam Masjid Nabawi Tutup Usia



Madinah – Imam Masjid Nabawi, Syaikh Muhammad Ayyub (63), wafat pada Sabtu (16/4/2016) pagi waktu Madinah.

Imam Masjid Nabawi Tutup Usia

Kabar duka ini datang langsung dari sang putra yang mengelola akun Twitter almarhum, @DR_MAyoub.

“Kita adalah milik Allah. Kepadanya kita kembali. Ya Allah, lindungi kami dari musibah dan gantikan untuk kami lebih baik dari musibah ini. Telah wafat ayah saya, Sheikh Mohammed Ayub,” demikian kicauan yang ditulis pada pukul 11.00 WIB atau Sabtu pagi pukul 07.00 waktu Madinah.

Jenazah almarhum yang juga merupakan Guru Besar Ilmu Tafsir di Universitas Madinah ini di shalatkan hari ini, usai shalat zuhur di Masjid Nabawi, yang kemudian dimakamkan di Baqi Al Gharqad Madinah.

Syaikh Muhammad Ayyub dilahirkan di Makkah pada 1953. Dia hijrah ke Madinah setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya. Di kota inilah kemudian ia mendapatkan gelar Sarjana Syariah hingga Doktor Tafsir di Universitas Madinah.

Syaikh Muhammad Ayyub menjadi Imam Masjid Nabawi pada tahun 1989 diusianya yang ke-36 hingga tahun 1997. Menurut sang putra, ayahnya pernah menyampaikan keinginan untuk kembali menjadi Imam Masjid Nabawi sebelum ajal menjemput, dan keinginannya terkabul pada 2015, Muhammad Ayyub kembali menjadi Imam Masjid Nabawi hingga maut menjemput.

Selain di Masjid Nabawi, Ayyub juga pernah menjadi imam di Masjid Quba, Masjid Alnnabiah, , dan Masjid Husseini Abdullah di Amman. Masjid Quba dan Masjid Alnnabiah adalah Masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad.
(Samsul Arifin)