sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Dua Kapal Indonesia Kembali Dibajak di Dekat Filipina

Dua Kapal Indonesia Kembali Dibajak di Dekat Filipina



Jakarta – Belum selesai masalah 10 WNI yang berprofesi sebagai anak buah kapal yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina Selatan, kini dua kapal berbendera Indonesia kembali dibajak di perbatasan Filipina dan Malaysia.

Dua Kapal Indonesia Kembali Dibajak di Dekat Filipina

Kedua kapal tersebut adalah Kapal Tunda TB Henry dan Kapal Tongkang Cristi yang dibajak pada Jumat (15/4/2016) pukul 18.30. Dari 10 anak buah kapal, 5 orang selamat, 1 orang tertembak, dan 4 orang masih disandera oleh pembajak.

“Kapal tersebut dalam perjalanan kembali dari Cebu, Filipina, menuju Tarakan,” ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal melalui keterangan tertulis, Sabtu (16/4/2016).

Kementerian Luar Negeri sendiri segera berkoordinasi dengan manajemen perusahaan untuk mendapatkan informasi langsung mengenai peristiwa tersebut.

Kementerian Luar Negeri juga sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah Malaysia dan Filipina untuk mengambil langkah-langkah yang dilakukan.

“Pemerintah Indonesia akan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi sering terjadinya pembajakan di kawasan tersebut. Indonesia juga akan mengajak negara-negara tetangga untuk meningkatkan keamanan,” ujar Iqbal.

Terkait 10 WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf, hingga kini belum dibebaskan. Mereka dan seluruh muatan batubara dibawa penyandera ke tempat persembunyian mereka di salah satu pulau di sekitar Kepulauan Sulu. Penyandera meminta tebusan 50 juta peso atau sekitar Rp 15 Miliar.
(Samsul Arifin)