Home » News » Donald Trump: NATO Sudah Usang

Donald Trump: NATO Sudah Usang



Washington โ€“ Salah satu kandidat dari Partai Republik, Donald Trump, kembali membuat pernyataan kontroversial. Dia menyebutkan bahwa North Atlantic Treaty Organization (NATO) atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara sudah usang dan Amerika Serikat terlalu banyak mengeluarkan uang untuk ini.

“NATO sudang usang dan AS membayar terlalu banyak (untuk mempertahankan NATO),” kata Trump dalam kampanyenya di Hartford, ibukota Connecticut seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (16/4/2016).

Selain itu, Donald Trump juga menyebutkan bahwa NATO dibentuk oleh Amerika Serikat dan sistem politik yang korup dan curang.

“Saya adalah hasil pembentukan. Sekarang saya mungkin adalah seseorang yang anti dari pembentukan yang Tuhan pernah ciptakan. Ekonomi dicurangi, bank-bank dicurangi oleh kesepakatan yang curang. Ini adalah sistem yang buruk dan sistem yang berbahaya karenanya orang-orang menjadi marah terhadap apa yang terjadi,” kata Trump di hadapan 10.000 pendukungnya.

Pada kampanye tersebut , Donald trump juga menyindir dan mengejek saingannya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, dengan menyebutnya sebagai โ€œJokerโ€ yang tidak mengerti soal perdagangan dan bisnis, kecuali hanya memiliki uang di rekeningnya sendiri.
(Samsul Arifin)