Home » News » Belum Diketahui Motif Dari Pembajakan Dua Kapal Berbendera Indonesia

Belum Diketahui Motif Dari Pembajakan Dua Kapal Berbendera Indonesia



Jakarta – Dua kapal berbendera Indonesia kembali di bajak di perairan perbatasan Malaysia dan Singapura pada Jumat (15/4/2016), namun hingga kini pemerintah belum mengetahui apa motif dibalik pembajakan ini.

Belum Diketahui Motif Dari Pembajakan Dua Kapal Berbendera Indonesia

“Belum tahu persis, sedang lihat apakah ini ada masalah politik atau masalah tebusan dana seperti di Somalia,” kata Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan seusai mengikuti upacara HUT Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (16/4/2016).

Namun demikian, Pemerintah Indonesia sedang melakukan evaluasi dan mencari cara agar kejadian pembajakan kapal yang telah beberapa kali terjadi dalam kurun waktu beberapa bulan ini tidak terjadi lagi.

“Tadi panglima TNI juga memberi tahu kita (Pemerintah) cermati betul apa yang harus kita lakukan. Kita evaluasi dari waktu ke waktu. Krisis center sudah berjalan di bawah polhukam dan kita pantau semua itu,” kata Luhut.

Seperti diketahui, dua kapal berbendera Indonesia, yaitu kapal Tunda TB Henry dan kapal tongkang Cristi dibajak di perbatasan Malaysia dan Filipina. Dari 10 orang anak buah kapal, 5 orang selamat, 1 orang tertembak, dan 4 orang disandera.

Belum lama ini, kapal Indonesia yang bermuatan batu bara juga dibajak oleh kelompok Abu Sayyaf di perairan Filipina. Sebanyak 10 WNI disandera dan hingga kini masih belum dibebaskan.
(Samsul Arifin)