Home » Gaya Hidup » Ini Yang Terjadi Jika Kita Malas Gosok Gigi

Ini Yang Terjadi Jika Kita Malas Gosok Gigi



Jakarta – Urusan menggosok gigi mungkin sudah sering kita dengar sejak kecil. Kita ingat bagaimana orang tua kita membujuk kita untuk bisa rajin dan teratur menggosok gigi dua kali sehari.

Ini Yang Terjadi Jika Kita Malas Gosok Gigi

Selain untuk menjaga kebersihan mulut dan mencegah gigi berlubang, menggosok gigi secara teratur setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur juga untuk mencegah kita dari beberapa penyakit serius.

Berikut beberapa hal serius yang terjadi jika kita malas menggosok gigi:

1. Diabetes
Mulut kering dan bakteri yang menumpuk akibat malas menggosok gigi dapat memperburuk penyakit yang sudah ada, misalnya diabetes. Karena itu, bila Anda beresiko diabetes, rajin-rajinlah menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut.

2. Stres
Orang yang mengalami stres cenderung memiliki gigi berlubang. Belum diketahui hubungan antara hormon stres dengan kesehatan gigi. Atau bisa jadi karena stres kita jadi malas menggosok gigi.

3. Osteoporosis
Terlalu banyak bakteri yang ada di dalam mulut dapat merusak jaringan penghubung yang menyangga gigi dan mulut, serta dapat menurunkan sistem imun.

4. Gangguan Kognitif
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penyakit gusi akibat kebersihan gigi yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer dan gangguan kognitif lainnya.

5. Penyakit Jantung
Bakteri di mulut dapat menyebabkan plak di pembuluh darah. Terutama jika gigi berlubang dimana bakteri bisa masuk ke pembuluh darah dan menimbulkan plak yang menyebabkan sumbatan yang memicu gangguan jantung.
(Samsul Arifin)