sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Pemerintah Jepang Tawarkan Program Beasiswa S2 dan S3 Untuk Mahasiswa Indonesia

Pemerintah Jepang Tawarkan Program Beasiswa S2 dan S3 Untuk Mahasiswa Indonesia



Jakarta – Dalam menjalin hubungan dalam bidang pendidikan antara Indonesia dengan Jepang, kini Pemerintah Jepang dalam hubungan tersebut menawarkan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan jenjang S-2 dan S-3 di beberapa universitas terkemuka di negeri “matahari terbit” tersebut.

Pemerintah Jepang Tawarkan Program Beasiswa S2 dan S3 Untuk Mahasiswa Indonesia

“Program Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dibuka mulai 12 April 2016 itu untuk tahun akademik 2017,” kata,” kata Staf Konjen Jepang di Medan, Khadijah, Senin.

Bagi yang berminat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti berkewarganegaraan Indonesia, kelahiran April 1982, IPK dari universitas jenjang pendidikan terakhir minimum 3,0 dan memiliki Nilai TOEFL minimum 550 atau ekuivalen atau lulus Tes Kemampuan Bahasa Jepang minimum level 2/N2.

“Selain tiket pulang pergi, uang masuk universitas, uang kuliah dibiayai melalui beasiswa Monbukagakusho, para mahasiswa akan menerima uang setiap bulannya untuk biaya kehidupan sehari-hari,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, registrasi online dan formulir pendaftaran dapat diperoleh pada website Kedutaan Besar Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp)

Dokumen lamaran harus diserahkan kembali kepada Kedutaan Besar Jepang sebelum tanggal 09 Mei 2016, secara langsung atau dikirim melalui pos (paling lambat 09 Mei 2016 dokumen harus sudah diterima).

Pertanyaan mengenai program beasiswa ini dapat menghubungi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia melalui email beasiswa@dj.mofa.go.jp.

“Pada tahun akademis 2016, sebanyak 35 orang mahasiswa Indonesia telah lulus ujian dan berangkat ke Jepang sebagai research student dengan rekomendasi dari pihak Kedutaan,” katanya.
(Freddy Julio – sisidunia.com)