sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Komnas HAM Cari Fakta Seputar Meninggalnya 61 Warga Tuban Dalam 45 Hari

Komnas HAM Cari Fakta Seputar Meninggalnya 61 Warga Tuban Dalam 45 Hari



Tuban – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akhirnya mengirimkan tujuh orang personelnya untuk mencari fakta terkait meninggalnya 61 warga Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Tuban, Jawa Timur, hanya dalam waktu 45 hari.

Komnas HAM Cari Fakta Seputar Meninggalnya 61 Warga Tuban Dalam 45 Hari

“Kami ada tujuh orang, yang langsung berangkat dari Jakarta sejak Senin (11/4/2016) kemarin. Namun kami baru efektif bekerja mencari dan mengumpulkan data di lapangan, mulai Hari Selasa (12/4/2016),” ujar Hartono salah satu personel tim Komnas HAM, dikutip dari Kompas.com, Rabu (13/4/2016).

Ketujuh anggota Komnas HAM ini disebar untuk mencari data dan fakta pendukung bagi proses investigasi, termasuk ke desa-desa lainnya yang dekat dengan perusahaan semen yang banyak berdiri di Kabupaten Tuban.

Mereka dibagi menjadi dua tim. Ada yang mencari keterangan dari keluarga korban yang meninggal, sedangkan tim lainya fokus kepada pencarian fakta di lapangan terkait dampak lingkungan yang ditimbulkan dari aktifitas pabrik semen dan pertambangan.

“Kami sudah bertemu dengan Kepala Desa Karanglo (Sunandar), tapi mohon maaf data dan fakta yang sudah kami temukan belum bisa kami beberkan saat ini. Sebab, data dan fakta yang kami temukan baru akan dapat kami beber kepada publik, setelah kami bertemu dengan Bupati dan jajaran Muspika setempat,” ucap Hartono.

Tim dari Komnas HAM ini rencananya akan bersama perwakilan dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jatim, bertemu Bupati dan jajaran Muspika pada Kamis (14/4/2016).
(Samsul Arifin)