Home » News » Kantor Mossack Fonseca Digerebek Polisi

Kantor Mossack Fonseca Digerebek Polisi



Panama City – Petugas kepolisian Panama dari unit pemberantasan kejahatan terorganisir dikabarkan pada Selasa (12/4/2016) menggerebek kantor firma hukum Mossack Fonseca.

Kantor Mossack Fonseca Digerebek Polisi

Namun hingga kini belum ada kabar tentang perkembangan dari penggeledahan dan barang apa saja yang ditemukan polisi.
Kejaksaan setempat mengatakan bahwa penggerebekan berlangsung lancar dan tanpa perlawanan berarti, tetapi mereka tidak memberikan rincian hasil penggeledahan.

Seperti diketahui, firma hukum Mossack Fonseca yang terletak di Panama City akhir-akhir ini menjadi sorotan dunia setelah bocornya 11,5 juta lembar dokumen data klien yang pernah ditangani Mossack Fonseca ke tangan media, yang kemudian dikenal dengan nama Panama Papers.

Dari dokumen yang bocor ini kemudian terungkap bahwa firma hukum Mossack Fonseca ternyata selama ini membantu banyak orang-orang kaya, termasuk penguasa, pengusaha, artis, hingga olahragawan untuk “menyembunyikan” harta mereka lewat perusahaan-perusahaan di luar negeri.

Sudah lebih dari 214.000 perusahaan di luar negeri selama 40 tahun ini yang didirikan oleh firma hukum ini. Perusahaan-perusahaan tersebut terutama didirikan di negara-negara yang bebas pajak atau menarik tarif pajak yang rendah.

Beberapa negara yang nama penguasanya tercantum dalam Panama Papers menjadi sedikit “ramai”, seperti Islandia misalnya. Perdana Menteri Islandia dikabarkan dipaksa mundur karena terungkap dirinya memiliki saham di beberapa bank di negerinya yang uangnya berasal dari banyak perusahaan di luar negeri.

Presiden Rusia Vladimir Putin yang namanya juga tercantum di dalam Panama Papers bahkan mengatakan bahwa bocornya Panama Papers adalah ulah Amerika Serikat untuk mengguncang pemerintahannya.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)