Home » News » Anak dan Adiknya Masuk Panama Papers, Ini Jawaban JK

Anak dan Adiknya Masuk Panama Papers, Ini Jawaban JK



Jakarta – Nama anak dan adik dari Wakil Presiden Jusuf Kalla masuk dalam daftar klien firma hukum Mossack Fonseca yang bocor ke media, Panama Papers.

Anak dan Adiknya Masuk Panama Papers, Ini Jawaban JK

Nama kerabat Jusuf Kalla yang disebut dalam daftar Panama Papers adalah Solihin Kalla (anak), Ahmad Kalla (adik), Aksa Mahmud (adik ipar), dan Erwin Aksa (keponakan).

Jusuf Kalla mengatakan bahwa nama-nama mereka yang masuk ke dalam Panama Papers tidak semuanya bersalah atau menghindari pajak, termasuk empat nama dari keluarganya ini.

“Sama sekali tidak, semua saya suruh cek, pajaknya jelas,”
kata Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (12/4/2016).
Menurut JK, panggilan akrab Jusuf Kalla, keempat kerabatnya ini menggunakan perusahaan luar negeri untuk urusan bisnis, untuk mencari modal kerja dan memudahkan ekspor ke luar negeri saat perekonomian di Indonesia sedang sulit pada tahun 2000-an.

“Seperti kasus adik saya, saya tanya, buat apa kamu bikin. Dia bilang wah saya lupa, cuma waktu itu buat tender Letter of Credit , supaya diterima, pakai perusahaan luar,” kata Jusuf Kalla.

Menurut Kalla, upaya seperti itu di saat perekonomian negaranya sedang sulit merupakan langkah wajar yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha untuk menyelamatkan perusahaannya.

Jusuf Kalla juga menambahkan bahwa dokumen Panama Papers yang telah ditelisik oleh International Consortium of Investigative Jounalists juga memuat peringatan bahwa tidak semua nama yang tercantum di dalamnya melakukan pelanggaran hukum.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)