Home » News » KPK Periksa Ongen Sangaji

KPK Periksa Ongen Sangaji



Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi kembali memanggil beberapa orang untuk dimintai keterangannya terkait kasus suap proyek reklamasi Teluk Jakarta yang menyeret Ketua Komisi D DPRD DKI Mohamad Sanusi.

KPK Periksa Ongen Sangaji

Kemaren, Senin (11/4/2016), KPK memeriksa Anggota Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI Muhammad “Ongen” Sangaji dan Ketua Balegda DKI Jakarta, M Taufik.

Ongon Sangaji dicecar 16 pertanyaan seputar Rancangan Peraturan Daerah tentang reklamasi.

“Pemeriksaan tentang tugas dan tupoksi saya sebagai anggota Baleg, 16 pertanyaan ke saya,” kata Ongen saat ditemui di Gedung KPK, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Sedangkan M Taufik diminta untuk menjelaskan seputar mekanisme dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Reklamasi.

Seperti diketahui, KPK telah menangkap Mohamad Sanusi dan menetapkannya sebagai tersangka. Politisi Partai Gerindra ini ditangkap di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta setelah menerima uang suap dari Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja yang nilainya mencapai Rp 2 Miliar.

Uang suap tersebut terkait dengan pembahasan Raperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RWZP3K) Provinsi DKI Jakarta 2015-2035 serta Raperda tentang Rencana Kawasan Tata Ruang Kawasan Strategis (RKTRKS) Pantai Jakarta Utara.

Hingga kini KPK telah menetapkan tiga orang tersangka, yaitu Mohamad Sanusi, Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (APLN) Ariesman Widjaja, dan Personal Assistant di PT APLN Trinanda Prihantoro.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)