Home » Ekonomi & Bisnis » Alibaba Akuisisi Lazada Senilai Rp 13 Triliun

Alibaba Akuisisi Lazada Senilai Rp 13 Triliun



Jakarta – Perusahaan online shop asal China Alibaba Group Holding Ltd sepertinya ingin memperluas bisnisnya di Asia Tenggara dengan membeli saham Lazada senilai US$ 1 Miliar atau sekitar Rp13 Triliun.

Alibaba Akuisisi Lazada Senilai Rp 13 Triliun

Operator e-commerce terbesar China itu akan mengeluarkan dana senilai US$ 500 juta (Rp 6,5 Triliun) untuk membeli saham baru di Lazada dan saham tersedia yang sudah dimiliki investor lain, dengan nilai total US$1 Miliar.

Pembelian ini menjadikan Alibaba pemilik saham mayoritas dan akan mengendalikan Lazada.

Menurut Bloomberg, para investor Lazada yang menjual sahamnya ke Alibaba antara lain Rocket Internet SE, Tesco Plc, dan Investment AB Kinnevik. Rocket Internet masih memiliki 8,8 persen saham di Lazada, Tesco sebesar 8,3 persen, dan Kinnevik masih 3,6 persen. Salah satu pemegang saham di Rocket Internet SE adalah konglomerat Antony Salim.

“Dengan investasi di Lazada, Alibaba mendapatkan akses ke platform dengan basis konsumen besar dan berkembang di luar China. Tim manajemen terbukti punya dasar yang kuat,” kata Presiden Alibaba Michael Evans dalam sebuah pernyataan.

Lazada didirikan oleh Rocket Internet Jerman pada 2012 dan berkantor pusat di Singapura. Lazada selama ini beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Lazada selama ini dikenal sebagai e-commerce yang menjual produk elektronik dan pakaian, namun Lazada sendiri diberitakan mengalami kerugian biaya operasi yang tinggi.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)