Home » Gaya Hidup » Jangan Terlalu Banyak Duduk, Bisa Pendek Umur

Jangan Terlalu Banyak Duduk, Bisa Pendek Umur



Jakarta – Bila Anda adalah pekerja kantor, sopir, atau pekerjaan lain yang membutuhkan waktu lama untuk duduk diam, maka segeralah mewaspadainya dan mencari solusinya.

Jangan Terlalu Banyak Duduk, Bisa Pendek Umur

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Brasil, meneliti data dari 54 negara tentang hubungan antara waktu duduk dengan risiko berbagai macam gangguan kesehatan yang dialami orang tersebut.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mengurangi waktu duduk menjadi kurang dari 3 jam sehari dapat meningkatkan harapan hidup seseorang lebih dari dua bulan.

Penelitian ini tentu saja menambah panjang referensi seputar pengaruh terlalu lamanya duduk dengan efek negatif bagi kesehatan. Seperti diketahui, bila seseorang terlalu lama duduk diam dan kurang bergerak maka dapat mengakibatkan terganggunya fungsi jantung dan peredaran darah.

Namun demikian, sulit rasanya bagi masyarakat yang hidup di perkotaan untuk tidak duduk lebih dari 3 jam sehari karena pekerjaan mereka memang menuntut hal tersebut.

Mungkin harus dicari solusi agar efek buruk terlalu lama duduk ini dapat dikurangi dengan olahraga teratur, mencari kesempatan untuk menggerakkan badan di sela-sela pekerjaan kantor agar tubuh tidak terlalu tegang dan peredaran darah lebih lancar, serta diimbangi dengan makanan sehat tentunya.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)