sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Hari Ini Ahok Lakukan Penertiban Di Pasar Ikan Jakarta Utara

Hari Ini Ahok Lakukan Penertiban Di Pasar Ikan Jakarta Utara



Jakarta – Penggusuran kawasan pasar ikan di Penjaringan yang akan dilakukan oleh Pemerintahan Provinsi DKI pagi ini, meskipun terdapat potensi kerusuhan dalam proses tersebut. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, tidak memedulikan kejadian tersebut, pihaknya akan tetap melanjutkan proses penggusuran tersebut Senin 11 April 2016.

Hari Ini Ahok Lakukan Penertiban Di Pasar Ikan Jakarta Utara

Ribuan aparat keamanan gabungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polda Metro Jaya telah disiagakan dalam proses penertiban yang dilakukan sekitar 4.000 aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI.

“Kalau mau rusuh, saya serahkan (penanganannya) ke aparat,” ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI.

Ahok mengatakan, penertiban harus dilakukan karena 569 keluarga di empat RT diwilayah tersebut tidak mengantongi sertifikat yang sebenarnya milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI, PD Pasar Jaya.

“Yang tinggal di bangunan pasar, sertifikat (tanah) milik Pasar Jaya. Yang tinggal di atas laut, tidak punya sertifikat,” ujar Ahok.

Ahok mengatakan, berdasarkan penelusuran, kawasan Pasar Ikan sebelumnya berfungsi sebagai pasar pada masa penjajahan Belanda. Daerah ini baru menjadi area permukiman penduduk secara ilegal, pada dekade ’60 hingga ’70, saat Kampung Akuarium dipindahkan ke kawasan Ancol.

“Pada saat itu bangunan pasar dijarah, kemudian dibongkar jadi rumah,” ujar Ahok.

Meskipun pemerintah kota sudah menyediakan tiga rumah susun sederhana sewa (rusunawa) sebagai tempat relokasi warga. Yaitu Marunda, Rawa Bebek, dan Pasar Ikan. Tetap saja ada beberapa warga yang enggan pindah dan tidak mengubris pengumuman penggusuran tersebut.

Selain untuk mengembalikan fungsi Pasar Ikan menjadi kawasan wisata bahari, tujuan penertiban tersebut untuk memperkuat tanggul laut menghalau banjir akibat pasang laut atau rob.

“Saya mau bangun tanggul kayak di Green Bay (Apartemen Green Bay Pluit), kita teruskan sampai Pelabuhan Nizam Zachman,” ujar Ahok.
(Freddy Julio – sisidunia.com)