Home » News » Warga Gaza Kembali Nikmati Bioskop Setelah 20 Tahun

Warga Gaza Kembali Nikmati Bioskop Setelah 20 Tahun



Gaza – Perang dimanapun pasti akan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat yang mengalaminya. Selain kehilangan sanak saudaranya karena menjadi korban perang dan kehilangan harta bendanya yang hancur, perang juga membuat rakyat tidak bisa menikmati hiburan, seperti menonton bioskop misalnya.

Warga Gaza Kembali Nikmati Bioskop Setelah 20 Tahun

Seorang warga Palestina Homam al-Ghussein (44) mengaku dirinya terakhir kali ini menonton bioskop saat dirinya masih berusia 24 tahun.
Rangkaian kekerasan dan perang membuat penduduk Gaza tak bisa pergi begitu saja untuk menonton bioskop, apalagi Hamas menerapkan aturan yang cukup ketat dengan melarang segala hal yang berbau barat.

Namun kini, dengan adanya proyek dari yayasan kemanusiaan Bulan Sabit Merah, penduduk di Gaza dapat kembali menikmati bioskop.

Awalnya, film yang diputar adalah film bertema sejarah Palestina. Tapi kini sudah mulai muncul judul film yang lebih populer seperti karya rumah produksi animasi Pixar berjudul “Inside Out”.

Setiap film yang akan diputar harus melalui persetujuan dari pihak Hamas terlebih dahulu. Pihak sponsor akan memberikan ringkasan cerita dari film yang akan ditayangkan kepada Hamas, lalu mereka akan memberikan penilaian dan persetujuan.

Proyek ini dimulai Januari tahun ini, dengan film Oversized Coat, karya Nawras Abu Saleh, sutradara Palestina yang tinggal di Amman, Yordania. Film tersebut berkisah tentang sejarah Palestina 1987-2011, termasuk dua kali peristiwa intifadah melawan pendudukan Israel.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)