Home » News » Mohamed Abrini, Pria Bertopi di Teror Bom Brussels

Mohamed Abrini, Pria Bertopi di Teror Bom Brussels



Brussels – Tokoh kunci peristiwa teror bom di Brussels dan Paris, Mohamed Abrini tertangkap oleh petugas kepolisian Belgia di Distrik Anderlecht, pinggiran Kota Brussels, Jumat (8/4/2016) lalu.

Mohamed Abrini, Pria Bertopi di Teror Bom Brussels

Menurut pengakuan Mohamed Abrini, dia adalah sosok pria bertopi yang tertangkap kamera CCTV ketika terjadi aksi bom bunuh diri di bandara dan stasiun bawah tanah di Brussels menyebabkan 32 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

“Dia mengakui kehadirannya di tempat kejadian perkara,” demikian diungkapkan Kejaksaan Federal Belgia dalam pernyataan tertulis, Sabtu (9/4/2016) waktu setempat.

Dalam keterangannya, Abrini juga telah membuang jaket bom yang digunakannya ke tempat sampah, dan kemudian menjual topi yang dia kenakan tersebut.

Warga Belgia keturunan Maroko yang sering dijuluki “Brioche” ini adalah teman dekat dari tokoh teroris dan Bom Paris, November lalu, Salah Abdeslam. Mereka hidup di kawasan Molenbeek.

Sehari-hari Abrini bekerja sebagai pegawai di toko roti, kemudian pada usianya yang ke-18 dia mengikuti kursus sebagai tukang las, dan kemudian bergabung ke dalam jaringan teroris.

Sebelum kejadian teror di Brussels, Mohamed Abrini sudah menjadi buronan dalam serangan bom dan penembakan yang terjadi di Paris, Prancis pada November 2015 lalu.

Sosoknya tertangkap kamera bersama buronan utama Abdeslam saat mengisi bahan bakar di pom bensin di sebelah utara Kota Paris, dua hari sebelum serangan dilakukan.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)