Home » News » Militer Filipina Serbu Abu Sayyaf

Militer Filipina Serbu Abu Sayyaf



Jakarta – Pemerintah Filipina pada hari Sabtu (9/4/2016) mengadakan operasi militer terhadap kelompok Abu Sayyaf yang diketahui menyandera 20 orang WNI . namun hingga kini belum ada kabar bagaimana hasil dari serangan militer tersebut.

Militer Filipina Serbu Abu Sayyaf

Dubes RI di Filipina Johny Lumintang mengatakan bahwa saat ini pihaknya belum menerima kabar tentang hasil dari operasi militer kemaren dan bagaimana kabar dari kesepuluh WNI yang disandera. Meskipun demikian Johny memberikan kepastian bahwa dirinya akan terus memantau kabar terakhir dari sandera WNI.

“Sejauh ini, kondisinya masih sama, masih monitor terus. Dari operasi militer kemarin, sampai saat ini belum ada kabar berita (soal sandera),” kata Johny, Minggu (10/4/2016).

Menurut Johny Lumintang, sebuah operasi militer tidak akan diberitahukan kepada pihak manapun. Karena itu, pihaknya belum menerima kabar resmi dari pemerinth Filipina. Yang jelas, pihak KBRI di Filipina selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat agar sandera bisa segera dibebaskan dengan selamat.

Kementerian Luar Negeri RI pada Jumat (8/4) lalu memastikan, 10 WNI yang disandera dalam keadaan baik dan sehat. Kemenlu akan terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Filiphina terkait masalah pembebasan para sandera, termasuk dengan Kelompok Abu Sayyaf.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)