Home » News » Gempa Baru Di Bengkulu Dengan Kekuatan 5,9 SR

Gempa Baru Di Bengkulu Dengan Kekuatan 5,9 SR



Bengkulu – Gempa kembali terjadi pukul 09.14. 33 WIB itu terjadi selama lebih dari 5 detik, yang mengakibatkan warga panik berlarian keluar rumah. Gempa Bawah Laut atau tektonik dengan kekuatan 5,9 pada Skala Richter (SR) tersebut terjadi di Provinsi Bengkulu pada Minggu 10 April 2016.

Gempa Baru Di Bengkulu Dengan Kekuatan 5,9 SR

Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika stasiun Fatmawati Soekarno Bengkulu Anjasman mengatakan, titik gempa berada pada 61 kilometer barat daya Kita Bengkulu dengan kedalaman 16 kilometer. Atau tepatnya di koordinat 4,32 Lintang Selatan dan 102,9 Bujur Timur.

“Belum ada perintah untuk menetapkan peringatan dini, dan belum ada laporan pergerakan air, apakah berpotensi tsunami atau tidak,” ujar Anjasman di Bengkulu, Minggu (10/4/2016).

Gempa vulkanik atau gempa darat juga sebelumnya mengguncang Bengkulu. Namun kekuatan gempa tersebut lebih kecil ketimbang saat ini, yakni berkekuatan 5,5 Skala Richter.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Kepahiang Bengkulu, Litman mengatakan, gempa darat berada pada kedalaman 182 kilometer pada posisi 2,95 Lintang Selatan dan 102,16 Bujur Timur.

Kepala Seksi Publikasi Humas Pemerintah Kabupaten Kepahiang Oktriana Putra mengatakan, sempat terjadi kecemasan warga akibat guncangan gempa yang berdurasi sekitar 5 detik.

Tetapi hanya sejenak warga berhamburan keluar rumah, lalu mereka kembali melakukan aktivitas seperti biasa. “Tidak ada kerusakan, kami sudah terbiasa dengan kondisi ini,” tegas Oktriana.
(Freddy Julio – sisidunia.com)