Home » Techno » Uang Beredar Dari Aplikasi Mobile Indonesia Capai Rp 1,54 Triliun

Uang Beredar Dari Aplikasi Mobile Indonesia Capai Rp 1,54 Triliun



Jakarta – Baidu Indonesia yang bekerjasama dengan lembaga riset GfK Indonesia mengumumkan hasil studi terbarunya yang bertajuk Mobile Apps Market Study Indonesia.

Uang Beredar Dari Aplikasi Mobile Indonesia Capai Rp 1,54 Triliun

Dalam riset tersebut terungkap bahwa penggunaan web browser di Indonesia mulai ditinggalkan dan beralih ke penggunaan aplikasi mobile. Tercatat bahwa penetrasi web browser di Indonesia hanya mencapai 76%, sedangkan aplikasi mobile sudah menyentuh angka 97%.

Hasil riset ini juga mencatat bahwa pendapatan yang diperoleh dari aplikasi mobile terus meningkat dengan signifikan setiap tahunnya, Pada 2013 lalu, pendapatan dari aplikasi mobile di Indonesi mencapai USD 62,1 juta atau sekitar Rp 809 miliar. Sedangkan pada tahun lalu pendapatannya telah meningkat menjadi USD 118,2 juta atau sekitar Rp 1,54 triliun.

Baidu memperkirakan, pada tahun 2016 ini pendapatan apilikasi mobile bisa mencapai angka USD 142,1 juta atau sekitar Rp 1,85 triliun. Bahkan, Tahun 2018 mendatang diprediksi akan mencapai USD 197,6 juta atau sekitar Rp 2,58 triliun.

Managing Director Baidu Indonesia Bao Jianlei mengungkapkan, sejauh ini pendapatan dari aplikasi mobile paling besar masih disumbangkan oleh Mobile Advertising yang disusul Paid-Apps Purchase dan In-Apps Purchase.

“Meski saat ini pembelian In-Apps masih memberikan kontribusi terendah, namun di masa depan diperkirakan kontribusi dari In-Apps Purchase akan melampaui kontribusi yang disumbangkan dari Paid-Apps Purchase,” ungkap Bao Jianlei melalui keterangan tertulis, Jumat (8/4/2016).

Untuk daerah wilayah Jakarta, Bodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang saja, pada tahun 2015, pendapatan dari Mobile Advertising mencapai USD 15 juta atau sekitar Rp 196 miliar.

Pada tahun ini, pendapatan dari Mobile Advertising di wilayah yang sama diperkirkan dapat mencapai USD 20,8 juta atau sekitar Rp 271 miliar.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)