sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Seminar Kesehatan Yang Mendatangkan Dokter Luar Negeri Di Grebek Kemenkes

Seminar Kesehatan Yang Mendatangkan Dokter Luar Negeri Di Grebek Kemenkes



Jakarta – Diskusi kesehatan yang diselenggarakan di salah satu hotel di kawasan MH Thamrin Jakarta digerebek petugas gabungan dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan Kantor Imigrasi.

Seminar Kesehatan Yang Mendatangkan Dokter Luar Negeri Di Grebek Kemenkes

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Tinke Maria Margaretha mengaku mendapatkan informasi adanya diskusi tersebut melalui pesan berantai. Akhirnya penggrebekan dilakukan oleh pihaknya karena ada dugaan acara tersebut tak berizin.

“Jadi hari ini kami melakukan penggeledahan terhadap suatu acara karena tidak memiliki izin dari Kemenkes, kemudian kami konsultasi IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan Dinkes,” kata Tinke kepada sisi dunia, Sabtu 9 April 2016.

Dia pun menyebut, dalam diskusi tersebut ada indikasi konsultasi kesehatan antara dokter asing dengan pasien.

“Nah kan setiap dokter asing datang ke Indonesia walau hanya memberikan konsultasi dia harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Kemenkes,” katanya.

Menurut Tinke, saat ini pihaknya masih menyelidiki kasus ini dan akan memanggil saksi-saksi seperti penyelenggara dan dokter asing yang ikut acara tersebut.

Sementara itu, penyelenggara acara Diana Pratanto membantah adanya praktik konsultasi kesehatan dalam acara tersebut. “Jadi acara itu hanya makan siang mengundang beberapa dokter sebelumnya yang pernah ikut seminar di Singapura,” kata Diana.

Mengenai temuan adanya pasien yang membawa hasil rontgen kesehatan dalam acara tersebut, hal tersebut dikarenakan masalah personal di mana para pasien ingin bertemu dengan salah satu dokter di acara tersebut.

“Jadi itu personal pasien bawa hasil rontgen ingin bertemu dengan sala satu dokter di sini, jadi bukan dari kami adakan konsultasi,” katanya. Dia pun membantah adanya pesan berantai dari pihaknya yang berisi konsultasi kesehatan.

“Itu bukan dari kami, itu ada dari marketingnya, saya saja baru tahu,” ujarnya. Diana mengatakan hanya mengadakan diskusi mengenai fasilitas yang ada di rumah sakit Singapura.
(Freddy Julio – sisidunia.com)