Home » News » Jokowi Beberkan Ada Uang Pemda Rp 183 Triliun Yang Mengendap Di Bank

Jokowi Beberkan Ada Uang Pemda Rp 183 Triliun Yang Mengendap Di Bank



Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibuat kesal karena terdapat dana endapan sebesar Rp 183 triliun oleh kepala daerah, sehingga dia mengumpulkan mulai dari Gubernur, Wali Kota, dan Bupati yang baru saja terpilih.

Jokowi Beberkan Ada Uang Pemda Rp 183 Triliun Yang Mengendap Di Bank

“Uang APBD mandek di bank berapa, di kota ini mandek berapa, saya tahu semua. Tadi pagi saya cek uang di bank daerah milik APBD sebanyak Rp 183 triliun. Besar sekali,” tegasnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Padahal bila dana tersebut digelontorkan lebih cepat untuk mendorong perputaran ekonomi di daerah, maka efeknya sangat besar.

“Coba itu tadi, kalau muter di masyarakat betapa cepat ekonomi kita,” imbuhnya.

Tahun lalu, Jokowi menuturkan persoalan yang sama juga terjadi. Sampai akhirnya, Jokowi mengumpulkan kepala daerah agar dana tersebut segera dicairkan kepada masyarakat.

“Tahun kemarin sampai Rp 282 triluun mandek di bank sekian bulan setelah saya gedor baru. Itu masalahnya mulai proyek di akhir tahun, ini jangan diteruskan,” ujar Jokowi.

Jokowi mengingatkan kepada kepala daerah yang baru menjabat, agar tidak mengikuti pola lama pemerintahan daerah sebelumnya.

“Kepala daerah baru tolong dipahami, jangan sampai kena arus birokrasi kita, anda harus reformasi semua sehingga pertumbuhan ekonomi daerah baik di awal tahun. Kalau tidak ada uang keluar dari APBD awal tahun, ekonomi nggak jalan,” paparnya.
(Freddy Julio – sisidunia.com)