Home » Ekonomi & Bisnis » Indonesia Makin Serius Berlakukan Tax Amnesty

Indonesia Makin Serius Berlakukan Tax Amnesty



Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan nampaknya makin serius untuk menerapkan tax amnesty atau pengampunan hutang agar dapat menarik dana yang ada di luar negeri untuk kembali masuk ke Indonesia (repatriasi).

Indonesia Makin Serius Berlakukan Tax Amnesty

“Lewat tax amnesty, kita ingin mengambil uang itu kembali. Kalau ada nama-nama wajib pajak asal Indonesia di Panama Papers, kita himbau agar mereka repatriasi dana. Kalau uangnya masuk kita siapkan SUN. Mau SUN BUMN, atau obligasi korporasi, ataupun deposito setahun, silahkan,” kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Lebih lanjut Menkeu Bambang mengatakan bahwa instrumen untuk repatriasi sedang disiapkan agar para wajib pajak yang ingin mengalirkan kembali uangnya ke Indonesia mempunyai pilihan untuk ikut terlibat dalam pembiayaan pembangunan.

Bambang juga mengatakan bahwa pendalaman pasar keuangan juga perlu dilakukan karena dana pihak ketiga dan deposito di perbankan serta nilai transaksi di pasar modal Indonesia, masih rendah dibandingkan Singapura, Malaysia dan Filipina.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad menambahkan, pendalaman pasar keuangan sangat dibutuhkan untuk kebutuhan pembiayaan pembangunan dan mendorong perekonomian nasional.

Pada kesempatan yang sama telah terjalin kesepakatan juga antara Kementerian Keuangan, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan mengenai koordinasi dalam rangka pengembangan dan pendalaman pasar keuangan.

Kesepahaman ini kemudian dituangkan dalam pembentukan Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar Keuangan (FK-PPK), yang diharapkan dapat bersinergi dalam menyusun strategi nasional untuk pendalaman dan pengembangan pasar keuangan agar dapat mendukung pembangunan nasional.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)