Home » News » Partai Bulan Bintang Bakal Laporkan Ahok ke Polisi

Partai Bulan Bintang Bakal Laporkan Ahok ke Polisi



Jakarta โ€“ Perselisihan antara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra sepertinya akan berbuntut panjang karena Partai Bulan Bintang (PBB) kan melaporkan Ahok ke Mabes Polri dalam waktu dekat.

Partai Bulan Bintang Bakal Laporkan Ahok ke Polisi

Partai Bulan Bintang merasa tidak terima soal perkataan Ahok yang menyebutkan bahwa PBB yang dikomandoi oleh Yusril Ihza Mahendra itu berniat akan mengubah Pancasila.

“Jangan taruh orang yang mau ubah sila pertama Pancasila. Orang Partai Bulan Bintang itu pengin ubah Pancasila kayak Masyumi. Itu masalah,” kata Ahok di Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (30/3/2016), kala itu.

Perkataan Ahok ini menanggapi cuitan Yusron Ihza Mahendra di Twitter lewat akun @YusronIhza_Mhd pada Selasa (29/3/2016). Dalam tulisannya itu Yusron menyoroti kepemimpinan Ahok yang ia anggap arogan. Menurut Yusron, kepemimpinan Ahok yang arogan berpotensi membahayakan masyarakat kecil yang beretnis sama dengan Ahok.

Ketua Harian PBB Jamaluddin Karim menyatakan bahwa pernyataan Ahok tersebut terlalu sembrono dan mencerminkan Ahok tidak memahami sejarah.

“Jadi lebih parah dari Zaskia Gotik. Kalau Zaskia Gotik kan tidak bisa menyebut Pancasila, tapi kalau ini kan tidak tahu sejarah perumusan Pancasila, lebih parah dari Zaskia Gotik sebetulnya,” kata Ketua Harian PBB Jamaluddin Karim dalam konferensi pers di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (6/4/2016).

Jamaluddin Karim mengakui bahwa PBB pernah mengusulkan adanya penyempuraan pada Pasal 29 Ayat 1, yang berbunyi “Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa” saat pembahasan amandemen Undang-Undang 1945, pada kurun waktu 1999-2003.

Saat itu PBB ingin menggantinya dengan โ€œ’Negara berdasarkan Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. Namun usulan dari PBB ini tidak mendapatkan dukungan.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)