Home » News » Minggu Depan Ahok Diperiksa KPK

Minggu Depan Ahok Diperiksa KPK



Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bakal memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa. Jadwal pemeriksaan terhadap Ahok akan dilakukan minggu depan.

Minggu Depan Ahok Diperiksa KPK

Namun menurut Ahok, jadwal pemeriksaan terhadp dirinya tidak terkait dengan kasus suap reklamasi yang belakangan ini sedang ramai.
“Saya dipanggil KPK tapi soal Sumber Waras pada Selasa (12/4/2016),” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Menurut pengakuan Ahok, pemanggilan oleh KPK ini merupakan pemanggilan dirinya yang kedua oleh aparat penegak hukum. Sebelumnya, Ahok pernah diperiksa Badan Reserse Kriminal Polri terkait kasus dugaan korupsi pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS).

“Jadi saya udah pernah dipanggil Bareskrim, dipanggil BPK, dipanggil KPK. Kan ya lumayan udah kariernya bagus,” ungkapnya Ahok santai.

Kasus Sumber Waras dimulai saat Pemerintah Provinsi DKI membeli lahan RS Sumber Waras pada akhir tahun 2014. Nilai pembeliannya mencapai Rp 755 miliar. Lahan yang dibeli itu rencananya akan digunakan untuk pembangunan RS Kanker dan Jantung.

Namun menurut Laporan Hasil Pemeriksana (LHP) BPK untuk Provinsi DKI tahun 2014, BPK menyatakan ada indikasi kerugian daerah sebesar Rp 199 miliar dalam proses pembelian lahan tersebut.