Home » News » Pejabat Senior FIFA Mundur Terkait Panama Papers

Pejabat Senior FIFA Mundur Terkait Panama Papers



Jakarta – Bocornya dokumen rahasia yang berisi informasi daftar klien yang pernah ditangani oleh sebuah firma hukum di Panama, Mossack Fonseca, yang dikenal dengan nama Panama Papers membuat tokoh-tokoh dunia kelabakan, salah satunya Juan Pedro Damiani.

Pejabat Senior FIFA Mundur Terkait Panama Papers

Juan Pedro Damiani, pejabat senior organisasi sepak bola dunia FIFA, dikabarkan mundur dari jabatannya di komite etik FIFA setelah namanya tercantum dalam berkas skandal keuangan Panama Papers.

Mossack Fonseca, sendiri adalah sebuah firma hukum di Panama yang membantu klien mereka terkait dengan perusahaan yang didirikan di kawasan yurisdiksi bebas pajak atau yang menerapkan pajak dengan nilai sangat rendah.

Juan Pedro Damiani adalah seorang pengacara asal Paraguay yang membantu FIFA membentuk komite etik FIFA.

Namanya tercantum dalam Panama Papers yang memperlihatkan firma hukum milik Damiani melakukan kegiatan untuk tujuh perusahaan offshore yang memiliki kaitan dengan Eugenio Figueredo, mantan wakil presiden FIFA yang menghadapi tuduhan korupsi di Amerika Serikat.

Anggota komite etik FIFA lainnya tengah mengkaji apakah ada aturan internal FIFA yang dilanggar oleh Damiani.

Polisi Swiss juga dikabarkan telah melakukan pemeriksaan di dalam kantor organisasi sepak bola Eropa UEFA di Jenewa, setelah tersangkut dengan Panama Papers.

Polisi sedang mencari dokumen kontrak yang ditandatangani presiden baru FIFA, Gianni Infantino, saat dia masih menjabat sebagai kepala layanan hukum UEFA. Dokumen tersebut terkait dengan hak siar laga Liga Champions yang dijual kepada pengusaha yang kemudian tersangkut kasus suap.

UEFA dan FIFA sendiri mengatakan bahwa kontrak tersebut sudah sesuai dengan aturan FIFA.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)