Home » Gaya Hidup » Hindari Mencampur Beberapa Jenis Makanan Saat Mengkonsumsi Obat

Hindari Mencampur Beberapa Jenis Makanan Saat Mengkonsumsi Obat



Jakarta – Dalam benak kamu disaat sakit pasti akan terfokuskan pada obat-obatan kimia yang dirasa bisa menyembuhkan dengan cepat. Selain tepat waktu mengonsumsi obat, kamu juga harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi.

Hindari Mencampur Beberapa Jenis Makanan Saat Mengkonsumsi Obat

Namun, ternyata ada lho beberapa makanan yang tidak boleh dipadukan dengan obat-obatan tertentu, karena bisa memberikan efek samping yang buruk untuk kesehatan. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Kopi – Bronchodilators untuk asma

Jika kamu penderita asma dan sedang mengonsumsi obat tersebut, sebaiknya jangan minum kopi dahulu. Sebab efek samping dari perpaduan dua hal ini adalah jantung berdebar, gugup, dan gemetar di seluruh tubuh.

Pisang – obat penurun tekanan darah

Pisang tinggi akan kalium. Begitu pula dengan obat penurun tekanan darah seperti Captopril, ACE inhibitors atau Angiotensin. Sehingga perpaduan dari dua hal ini akan membuat kandungan kalium jadi berlebih dalam tubuh yang menyebabkan detak jantung tidak teratur dan jantung berdebar.

Sayuran hijau – Anticoagulants

Sayuran memang makanan sehat dan dianjurkan untuk dikonsumsi tiap hari. Namun kamu harus berhati-hati saat mengonsumsi sayuran dengan obat Anticoagulants atau anti pembekuan darah. Sebab sayuran tinggi akan vitamin K sementara Anticoagulants dirancang untuk mencegah produksi vitamin K sehingga saat kamu mengonsumsi sayuran, dikhawatirkan sayuran akan mengganggu kerja obat tersebut dalam tubuh.

Jeruk – Statins

Statins merupakan obat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Sementara jeruk mengandung zat kimia yang mampu mengganggu kerja statin. Sehingga mengonsumsi jeruk khususnya jeruk bali dan statins akan memberikan efek samping seperti nyeri otot dan nyeri tubuh lainnya.

Susu – Antibiotik

Kamu sedang mengonsumsi obat antibiotik? Well, lebih baik kamu hindari minum susu atau konsumsi makanan yang merupakan produk olahan susu sebab makanan tersebut hanya akan mengganggu kerja antibiotik dalam tubuh.

Jeruk nipis – obat batuk

Kamu mungkin tidak menyangka bahwa saat kamu sedang batuk dan minum obat batuk, ada baiknya kamu tidak mengonsumsi jeruk nipis. Sebab jeruk nipis akan mengganggu proses kerja obat dan menimbulkan efek samping seperti halusinasi atau mengantuk.

Salmon – obat anti depresan

Obat anti depresan mengandung monoamine oxidase inhibitors. Sedangkan salmon mengandung tyramine. Dan saat dua zat ini bertemu akan menyebabkan efek samping pada tubuh naiknya tekanan darah.

Jadi, jangan sampai mengkonsumsi dengan bersamaan beberapa nama makanan diatas yang memberikan efek samping tak baik untuk tubuh.
(Freddy Julio – sisidunia.com)