Home » News » Ahok Berencana Terapkan Ganjil Genap Sebagai Pengganti 3 in 1

Ahok Berencana Terapkan Ganjil Genap Sebagai Pengganti 3 in 1



Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana akan kembali menerapkan kebijakan ganjil-genap sebagai pengganti sistem “3 in 1” yang akan dihapus.

Ahok Berencana Terapkan Ganjil Genap Sebagai Pengganti 3 in 1

“Tapi penerapannya tergantung evaluasi (uji coba penghapusan ‘3 in 1’) dua minggu ini. Kalau evaluasi kemacetannya mirip, ya tidak perlu diterapkan. Kalau tambah parah harus terapkan ganjil-genap sambil tunggu ERP (electronic road pricing),” ujar Basuki di Balai Kota, Selasa (5/4).

Basuki mengatakan, kesiapan ERP sendiri belum mantap maka pilihan ganjil-genap menjadi hal yang paling memungkinkan.

“Kami memang dari awal akan menghapus ‘3 in 1’, karena itu banyak membuat kemacetan. Kami juga mau menuju ERP, waktu mau menuju ERP kami pikir bisa cepat. Sebenarnya sebelum ke ERP, kami mau ke ganjil-genap,” katanya.

Kebijakan ganjil-genap sendiri sudah digagas sejak tahun 2013. Akan tetapi, Pemprov DKI tidak jadi menerapkan kebijakan tersebut karena dinilai bisa langsung menerapkan ERP. Nyatanya hingga saat ini ERP proses lelangnya belum dilaksanakan dan sekadar uji coba saja.

“Makanya kami akan evaluasi dulu (penghapusan ‘3 in 1’) ini sampai minggu depan. Laporan tadi, justru jalan-jalan yang dipojok malah kosong. Ada lokasi ‘3 in 1’ yang masih macet, makanya nanti kita harus pikir (solusi pengganti sebelum ERP),” pungkasnya.
(Freddy Julio – sisidunia.com)