sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » TNI AL Perluas Kekuatannya Dengan Membangun Markas Di Natuna Dan Maluku

TNI AL Perluas Kekuatannya Dengan Membangun Markas Di Natuna Dan Maluku



Jakarta – Dalam menjaga daerah teritorial negara Indonesia, para petinggi Angkatan Laut memastikan membutuhkan wilayah untuk memperluas kekuatannya diwilayah Indonesia.

TNI AL Perluas Kekuatannya Dengan Membangun Markas Di Natuna Dan Maluku

Kabarnya TNI Angkatan Laut akan berencana membangun pangkalan militer di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Sumatera. Pangkalan TNI AL tersebut merupakan perluasan kekuatan militer antara Pangkalan Utama AL Pontianak dan Tanjung Pinang yang sudah berdiri sebelumnya.

“Natuna bagian dari pengembangan dari Lantamal Pontianak dan Lantamal Tanjung Pinang, di bawah itu kita kembangkan,” kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi di Markas Komando (Mako) Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2016).

Pertimbangan Ade, Dengan adanya markas tersebut, diharapkan distribusi kebutuhan prajurit yang bersiaga di laut Natuna menjadi efektif dan efisien. Begitu juga mengenai keberadaan pangkalan militer AL di Natuna memang diperlukan karena wilayah itu menjadi salah satu daerah operasi satuannya.

“Daerah perbatasan harus berkecukupan pangkalan, dalam rangka mendukung operasi.Makin dekat (pangkalan) dengan daerah operasi maka, semakin efisien dan efektif (distribusi) barang dan logistik, lebih cepat,” ujar Ade.

“Memang kan, kita ingin konsepnya dekatkan dengan daerah operasi. Supaya apa? Jangan sampai (kapal) dari Surabaya kehabisan barang bakar,” sambung Ade.

Pengembangan infrastruktur pertahanan AL ini, lanjut Ade, sudah masuk dalam Rencana Strategi (Renstra) ke-II (2015-2019). Selain Natuna, Ade juga menambahkan tentang rencananya untuk membangun pangkalan militer di wilayah Masela, Maluku dengan tujuan yang sama seperti Natuna.

“Sebenarnya dalam Renstra AL, sudah ada pengembangan pangkalan. Masela nanti juga kita kembangkan biar lebih dekat biar efektif,” jelas Ade.

Ade mengatakan bahwa perluasan pangkalan militer AL memang menjadi prioritas Pemerintah RI dalam rangka menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Tapi ini memang ada prioritas, maka pemerintah mengedepankan, kita mengembangkan. Terus kita kembangkan. Ini proses,” kata Ade.
(Freddy Julio – sisidunia.com)