Home » News » Rusia Tuding CIA Dibalik Beredarnya Panama Papers

Rusia Tuding CIA Dibalik Beredarnya Panama Papers



Moscow – Bocornya dokumen yang sedang heboh saat ini dengan nama Panama Papers dituding Kremlin sebagai hasil dari campur tangan CIA di belakangnya.

Rusia Tuding CIA Dibalik Beredarnya Panama Papers

“Putin, Rusia, negara kami, stabilitas kami, dan pemilu yang akan datang adalah targetnya untuk merusak stabilitas,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, Senin (4/4/2016).

Di dalam dokumen tersebut berisis tentang kesepakatn rahasia para penguasa, politisi, pengusaha, dan orang-orang terkemuka lainnya dii seluruh dunia untuk memainkan kekayaannya di luar negeri agar tidak terkena pajak di negaranya sendiri. Salah satu nama yang muncul di dokumen tersebut adalah Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam dokumen tersebut terungkap beberapa nama teman dan kolega dekat Vladimir Putin yang mengelola aset sang Presiden di luar negeri.

Pihak Kremlin menyebut bahwa mantan agen Kemenlu AS, CIA, dan dinas intelijen lainnya turut membantu menganalisis jutaan halaman dokumen yang bocor. Mereka juga menuduh para jurnalis dari Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) yang meneliti dokumen itu adalah para mantan agen CIA.

Lebih jauh Peskov menyebut bahwa Panama Papers hanyalah sebagai taktik kotor dari sebuah ketakutan Amerika Serikat terhadap sosok dan kekuatan Presiden Putin, Putinofobia. Kremlin memutuskan untuk tidak merespon masalah ini.

“Ini adalah bukti bahwa level Putinofobia telah mencapai tingkat yang mustahil untuk menyebut hal baik terkait pemimpin Rusia,” kata Peskov.
(Samsul Arifin – sisidunia.com)