Home » Techno » Google Hapus Aplikasi Buatan Taliban

Google Hapus Aplikasi Buatan Taliban



Jakarta – Raksasa teknologi Google dilaporkan telah menghapus sebuh aplikasi buatan Taliban dari Google Play Store karena dinilai telah melanggar aturan mengenai ujaran kebencian.

Google Hapus Aplikasi Buatan Taliban

Google Hapus Aplikasi Buatan Taliban

Aplikasi yang diberi nama Alemarah ini digunakan Taliban untuk menarik banyak orang bergabung dengan mereka melalui teknologi.

Juru bicara Taliban Zabihulah Mujahed kepada Bloomberg memang mengakui keberdaan dari aplikasi Alemarah ini, namun dirinya menolak bahwa aplikasi tersebut dihapus dari Google Play Store. Menurut Mujahed, aplikasi tersebut ditarik untuk sementara waktu karena ada masalah teknis.

Aplikasi Alemarah sendiri berisikan pernyataan dan cerita yang ditulis dalam bahasa Pashto, serta video yang dibuat langsung oleh anggota Taliban.

Menurut organisasi intel Amerika Serikat, SITE, keberadaan aplikasi buatan Taliban ini telah mereka ketahui sejak 1 April 2016 kemaren dan telah melakukan pengamatan.

Google sendiri bukan untuk yang pertama kalinya menghapus sebuah aplikasi dari Play Store. Pada tahun 2014 lalu Google juga pernah menghapus aplikasi tentang simulasi pengeboman di Gaza.

Bahkan sejak awal tahun 2015 ini Google telah menghapus 200 aplikasi di Play Store karena berisi skema penipuan berbasis aplikasi mobile dioperasikan MoPub, platform iklan milik Twitter.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)